Rabu, 27 Januari 2016

dampak teknologi versi Anis M. B.


Definisi teknologi dan perkembangannya
Oleh : Anis Maghfiroh
N.I.M. : 1431013
Mata Kuliah : Pengantar Profesi Kependidikan
Kampus : STKIP PGRI SIDOARJO

Definisi teknologi adalah penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Pada saat ini perkembangan teknologi informasi (internet) telah merambah berbagai bidang dengan fasilitas elektronika-nya yaitu, e-life, e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversity, dan masih banyak yang lainnya.
Teknologi internet semakin berkembang, semakin cepat, tepat, akurat, kecil, murah, mudah, efektif dan efisien.
Beberapa dampak positif dan negatif dari perkembangan Teknologi terkait dengan dunia Pendidikan khususnya terhadap minat belajar peserta didik yaitu :
a.  Dampak Positif
1.  Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat Pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan lain-lain. Dampak dari hal ini yaitu guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap Informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran langsung dari Internet, olehnya itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.
2.  Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan Teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan Teknologi bisa dibuat abstrak, dan dapat dipahami secara mudah oleh siswa.
3.  Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Selama ini, proses pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan hanya dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.
b.  Dampak Negatif
1. Siswa menjadi malas belajar. Dengan adanya peralatan yang seharusnya dapat memudahkan siswa dalam belajar, seperti Laptop dengan jaringan internet, ini malah sering membuat siswa menjadi malas belajar, terkadang banyak diantara mereka yang menghabiskan waktunya untuk internetan yang hanya mendatangkan kesenangan semata, seperti ; Facebook, Chating, Frienster dan lain-lain, yang semuanya itu tentu akan berpengaruh erhadap minat belajar siswa.
2. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pengetahuan yang disalah gunakan oleh pelajar. Dengan munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan IPTEK, ini dapat menimbulkan adanya berbagai prilaku yang menyimpang yang dapat terjadi, seperti adanya siswa yang sering menghabiskan waktunya untuk bermain Games, main PS, main Facebook, chating, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah digunakan untuk bermain, sehingga belajar menjadi habis dengan sia-sia. Akhirnya semuanya itu akan dapat berpengaruh negative terhadap hasil belajar siswa dan bahkan terjadi kemerosotan moral dari para siswa sampai ke Mahasiswa.
3. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi malas. Dengan adanya fasilitas yang dapat digunakan dengan mudah dalam proses pembelajaran, ini terkadang sering membuat siswa dan mahasiswa menjadi malas dan merasa lebih dimanjakan, misalnya ketika siswa diberi tugas untuk membuat makalah, maka mereka merasa tidak perlu pusing-pusing, karena cukup mencari bahan lewat Internet dan mengkopy paste karya orang lain, sehingga siswa menjadi malas berusaha dan belajar.
4. Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam. Selama ini sering kita melihat dan mendengar di siaran TV, tentang adanya kebocoran soal ujian, ini merupakan salah satu akibat dari penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka dengan mudah dapat mengakses informasi dari satu daerah ke daerah lain, inilah yang dilakukan oleh oknum untuk melakukan penyelewengan terkait dengan kebocoran soal ujian, sehingga kejadian ini sering meresahkan pemerintah dan masyarakat.



Contoh dampak perkembangan teknologi terhadap minat belajar peserta didik
Salah satu contoh dampak perkembangan teknologi terhadap minat belajar peserta didik ialah:
Penggunaan internet di kalangan pelajar.
Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi.
Fungsi Internet
Sebenarnya internet memiliki keuntungan jika bisa kita gunakan secara bijak untuk kepentingan pendidikan dalam bentuk apapun. Adapun fungsi internet adalah sebagai berikut:
1.      Media komunikasi
2.      Media pertukaran data
3.      Pencarian bahan pembelajaran
4.      Media pembelajaran tanpa guru
5.      Memudahkan dan mempercepat pengiriman jarak jauh
6.      Menghemat waktu dan biaya
Penggunaan internet di kalangan pelajar memiliki berbagai dampak, baik itu dampak negatif ataupun positif. Dampak – dampak tersebut antara lain :

 Dampak Positif:

1.   Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi yang paling banyak digunakan. Dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia.
2.   Internet sebagai media pertukaran data dengan menggunakan e-mail, news group dan www (world wide web) para pengguna internet diseluruh dunia terutama pelajar, dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Dengan seperti itu, siswa disuatu negara dengan negara lainnya dapat saling bertukar informasi dan data untuk kemajuan pendidikan.
3.   Internet sebagai media untuk mencari data atau informasi yang penting dan akurat. Hal ini bisa membuat siswa memiliki pengetahuan yang luas dalam cangkupan dunia sehingga segala ilmu yang ada diseluruh dunia bisa dipelajari yang pada akhirnya meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan yang luas dikalangan siswa.

Dampak Negatif:

1.   Dengan adanya internet ini siswa cenderung malas untuk membaca buku.
2.   Karena internet besifat bebas dan mudah diakses pornografi pun merajalela. Hal ini berdampak buruk bagi perkembangan prestasi dan mental siswa.
3.   Menghabiskan sebagian waktunya untuk membuka jejaring sosial dan game online sehingga kita banyak mengeluarkan uang yang mungkin kurang bermanfaat.
4.   Internet juga dapat mempengaruhi kepribadian siswa.

Alasan penggunaan Internet dapat mempengaruhi minat belajar siswa karena terlalu sering berhubungan dengan internet dapat menyebabkan pelajar/siswa  kecanduan internet yang kemudian akan berdampak pada Prestasi dan minat belajar siswa. Hal ini disebabkan karena melalui internet pelajar/siswa dapat mengakses berbagai informasi, aplikasi, dan sarana hiburan (seperti Game online) secara bebas dan tanpa batas. Banyaknya hal-hal yang menarik dan mudah serta menyenangkan dalam internet membuat pelajar/siswa cenderung lebih suka menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan internet dari pada belajar.

Sikap pelajar dalam menyikapi kemajuan teknologi :

1.   Pandai-pandai membagi waktu.
2.   Tidak terlalu banyak online menggunakan internet.
3.   Hanya memakai game online dan jejaring sosial pada waktu senggang.
4.   Mengurangi aktifitas menggunakan internet, sehingga waktunya dapat digunakan untuk belajar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar